OPAC: Penelusuran Buku Berbasis Teknologi

Staisyaichona.ac.id – Di era digitalisasi saat ini, yang berkembang semakin pesat yaitu teknologi informasi. Sejalan dengan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi, upaya peningkatan kualitas pelayanan Perpustakaan selalu diusahakan dengan pemanfaatan teknologi tersebut dalam suatu sistem yang dikenal dengan Online Public Access Catalog (OPAC).

OPAC disebut oleh beberapa perpustakaan sebagai katalog online, katalog akses online, katalog akses daring perpustakaan, atau katalog akses umum talian. OPAC merupakan sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. Sebuah inovasi Perpustakaan STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, OPAC yang biasanya digunakan secara offline di Perpustakaan, saat ini sudah bisa diakses secara online setiap saat dari gadget pemustaka untuk mengetahui ketersediaan sebuah buku.

Tujuan OPAC adalah bisa memberikan kemudahan untuk semua pengguna dalam mencari bahan-bahan informasi, dan mengurangi biaya atau beban pekerjaan dalam pengelolaan data sehingga dapat juga meningkatkan serta meringankan efisiensi tenaga kerja. Selain itu, bisa juga mempercepat pencarian informasi yang bisa juga melayani kebutuhan informasi masyarakat dalam jangkauan yang luas.

Jadi secara umum, OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan.

Nah, bagi Mahasiswa yang mau pinjam buku di Perpustakaan STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, sekarang sudah bisa akses link OPAC di website http://perpus.staisyaichona.ac.id

About Author

Pos terkait