Press Release: Peresmian Gedung Rumah Susun Mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan


Staisyaichona.ac.id – STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan didirikan pertama kali pada tahun 2007 dengan nama STIT Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dengan Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pada tahun 2012, STIT Syaichona Moh. Cholil Bangkalan berubah nama menjadi STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, seiring dengan turunnya izin operasional prodi baru yaitu Ekonomi Syari’ah (ESy), dan Hukum Pidana Islam (HPI).  Dengan demikian, sampai tahun 2021, STAI Syaichona Moh. Cholil telah memiliki tiga program studi yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ekonomi Syari’ah (ESy), dan Hukum Pidana Islam (HPI).

Pada tahun 2017, STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan melakukan berbagai upaya, usaha dan strategi untuk terus melakukan pengembangan-pengembangan. Salah satunya adalah usaha pembebasan lahan di sekitar Ring Road Jl. Halim Perdana Kusuma. Pada tahun  2019, STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan terus melakukan berbagai upaya, usaha dan strategi untuk pembebasan lahan  hingga akhirnya menemukan lahan di Jl. Martajesah Desa Martajesah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan (+ 200 meter arah barat Maqbaroh Syaichona Moh. Cholil Bangkalan).

Bacaan Lainnya

Pada tahun 2022, bersamaan dengan progres pembebasan lahan di Jl. Martajesah Desa Martajesah Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan (+ 200 meter arah barat Makbaroh Syaichona Moh. Cholil Bangkalan), STAI Syaichona Moh. Cholil membuat master plan dengan menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) di bidang pembangunan sarana-prasarana yang tertuang dalam master plan pembangunan STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan.

Kemudian STAI Syaichona Moh. Cholil mendapatkan bantuan hibah dari pemerintah berupa pembangunan Rumah Susun Mahasiswa dari Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat serta hibah dari Pemerintah Jawa Timur melalui Anggota DPRD Jawa Timur; RKH. Mohammad Nasih Aschal, M.Pd. Groundbreaking pembangunan 2 gedung tersebut dilaksanakan dalam medio bulan Juni 2022.

Pada tahun 2023 ini, pembangunan 2 gedung tersebut dikatakan telah selesai dan sepenuhnya dapat digunakan sehingga pada perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2022-2023 insyallah sudah akan menempati lokasi baru tersebut.

Namun, sebelum lokasi tersebut ditempati akan dilaksanakan acara Peresmian Rumah Susun Mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan oleh Wakil Ketua DPR RI, Bapak Dr. (HC) H. Abdul Muhaimin Iskandar, M.Si yang dilaksanakan pada Ahad, 26 Februari 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Menjadi Santri Syaichona Mohammad Cholil Bangkalan: Ngajhi, Akuliyâh, bân Ngabdhi Dunnya Ahèrat”.

Selain Peresmian Rumah Susun Mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan berupa Penandatanganan Prasasti Rumah Susun Mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan, kegiatan ini juga dikemas dengan Studium General Semester Genap tahun akademik 2022-2023 berupa pengajian kitab kuning (Kitab Hadits Arbain Nawawi) bersama Pengasuh Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan berupa; RKH. Fakhruddin Aschal.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh tamu undangan VVIP, VIP dan Tokoh Msyarakat setempat beserta seluruh mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dengan total keseluruhan sekitar ± 900 orang.

About Author

Pos terkait